Temans, pada kesempatan kali ini, kita akan coba sedikit
mengulas submenu dari Art (seni) VECTOR X
VEXEL, dimana dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang
"Pengertian Vector Art dan Vexel Art"
PENGERTIAN VECTOR ART
Temans, dalam pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi ada istilah Vector dan Bitmap,
tetapi apakah yang dimaksud dengan gambar Vector dan gambar Bitmap tersebut?
berikut adalah beberapa artikel yang akan membahas tentang perbedaan gambar
Vector dengan gambar Bitmap yang berhasil kami rangkum. kita mulai terlebih
dahulu dengan pengertian Vector.
VECTOR
VECTOR
§ Vector merupakan gambar yang
terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Kualitas gambarnya tetap baik meskipun
diperbesar, karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik. Adapun
aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar jenis vector ini adalah:
Corel-Draw, Freehand, dan Adobe illustrator. Monitor biasanya akan
menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector
maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur
matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya. (http://asyikbelajar-komputer.blogspot.co.id/)
§ Vector adalah serangkaian
instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk garis, kurva dan baigan-bagian
lain yang saling berhubungan antara satu sama lain (di dalam sebuah gambar).
Untuk ukuran/size-nya pun juga relatif kecil, dengan kualitas gambar yang tetap
baik meskipun di perbesar. Contoh file vector diantaranya adalah: (wmf, swf,
cdr dan ai). Vector juga sering dipakai dalam pembuatan logo, animasi,
ilustrasi, dsb.
§ Vector Art adalah murni karya vector yang
dibuat menggunakan aplikasi vector base atau palikasi berbasis vector seperti
Adobe Illustrator dan sejenisnya. Dan hasil akhir karya juga berupa vector,
(vector layer).
§ Sedangkan pengertian yang
diberikan dari Adobe Photoshop dalam menjelaskan arti dari vector adalah
sebagai berikut: Vector images are used to define a line that has end points. The
coordinates of where the straight line begins and ends are computed without
needing to define all the points in between. A rectangle might be defined as
follows: 125, 125, 300, 300. This means that the top left corner is at the
coordinate 125 X 125 (125th pixel horizontally X 125th pixel vertically) and
the bottom right corner is at 400 X 300 (400th pixel horizontally X 300th pixel
vertically). Vector images tend to be used for lines, boxes, circles, polygons
and other graphic shapes that can be mathetically expressed in coordinates on a
computer screen. The program always references the shape itself, not each
individual pixel that makes up the shape.
Dapat
disimpulkan bahwa Vector adalah gambar yang terbentuk
dari sejumlah garis dan kurva atau serangkaian intruksi matematis yang
berhubungan antara satu sama lain, kualitas gambarnya pun akan tetap baik
meskipun diperbesar karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik
atau raster (bitmap).
BITMAP
§ Sedangkan pengertian yang
diberikan dari adobe photoshop dalam menjelaskan arti dari Bitmap adalah
sebagai berikut: Bitmap Images are sometimes called "paint graphics."
That's because bitmap images tend to be used for photo-realistic images and for
complex drawings requiring fine detail. A bitmap is simply a matrix of pixels
or a "grid" of pixels. Each pixel used to create a shape or object in
the image is referenced. You edit groups of pixels instead of shapes (as in
vector images). The main advantage of bitmap images is: They are able to
accurately represent the wide range of colors and shades in complex images.
§ Bitmap adalah gambar bertipe
raster, dengan mengandalkan jumlah pixel dalam satu-satuan tertentu dan dengan
semakin rapat-nya pixel maka semakin baik pula kualitas gambar tersebut.
Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah. Besar file yang dihasilkan
cenderung besar. Contoh file bitmap diantaranya adalah: (bmp, jpg, dan gif).
§ Sementara itu suatu foto atau
gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik
warna-warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah
penting, yaitu:
§ Resolusi atau jumlah titik
persatuan luas yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap, biasanya
dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
§ Intensitas atau kedalaman warna
yang akan menentukan kualitas gambar secara keseluruhan, biasanya dikenal
istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu grayscale), serta
hitam-putih (black & white).
dapat disimpulkan bahwa Gambar Bitmap adalah gambar yang terbentuk dari ribuan titik yang membentuk
suatu pola, sehingga gambar bitmap sangat bergantung dari kerapatan pixel atau
bit, gambar bitmap juga sangat rentan pecah jika diperbesar. Berbeda dengan
gambar vector, yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva atau serangkain
intruksi matematis yang berhubungan antara satu sama lain.
PENGERTIAN VEXEL ART
Vexel Art: Adalah perpaduan antara
pixel/bitmap/raster dengan vector layer, untuk penerapannya biasanya
menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop. Hasil akhir meskipun terlihat
mirip dengan vector art tetap saja pada akhirnya akan menjadi bitmap image.
Selain itu vexel art biasanya dari sisi finishing terlihat lebih detail dan
halus, bahkan nyaris sama dengan gambar foto. Jadi mau yang mana, Vector Art
atau Vexel Art" tergantung kebutuhan anda.
Vexel Art: Adalah gabungan antara vector
dan vexel. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Seth, seorang software
enginer & scurity dan website consultant, berkerja untuk Portland di
Oregon. Vexel adalah style dari digital art yang di dalam pembentukan gambarnya
terdiri dari bidang-bidang yang teriswi warna dari kumpulan pixel-pixel.
PROGRAM PENGOLAH VEXEL?
Ini penting banget bagi kita
yang suka bermain VEXEL, PAINTING, VECTOR (biar gak salah kaprah), Vexel adalah
gambar yang terlihat seperti vector, atau vector yang mempunyai elemen raster
untuk dapat mendukung area-area vector tersebut.
BEKERJA DENGAN PHOTOSHOP
§ Kita bisa menggunakan pen-tool
di atas layer bentuk di Photoshop. Sekarang, meskipun Photoshop adalah program
baerbasis raster, kita sebenarnya menciptakan VECTOR karena buktinya kita bisa
memperbesar semua bentuk-bentuk yang telah kamu buat di layer bentuk sampat tak
terhingga.
§ Kita bisa menggunakan pen-tool
atau lasso-tool di atas layer normal (raster), yang disebut dengan "path
layers". Path layer ini tak bisa disekalakan hingga tak terbatas, maka
yang kita buat adalah VEXEL.
YANG BOLEH DILAKUKAN
§ Stroke path: Ini adalah metode yang sangat
umum saat membuat vexel, terutama saat mem-vexel rambut
§ Tekstur & pola: Tekstur dan juga pola dapat
memperindah vexel, tapi tidak boleh digunakan di semua sudut gambar, karena
mereka juga dapat menghilangkan kebersihan dari efek vector.
§ Gradasi: Gradasi boleh digunakan tapi
jangan mencampurkan mereka dengan Gradient Meshes, karena mereka hanya bisa
dibuat di Adobe Illustrator, maka mereka adalah vector.
§ Efek raster: Efek raster seperti Outer Glow
atau Drop Shadow boleh digunakan. Tapi ingat, tidak ada keharusan untuk
menggunakan efek-efek ini. Efek yang sama dapat dicapat dengan penggunaan
gradasi yang tepat.
YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN
§ Membaurkan (blur), smudge,
& menajamkan (sharpen): Tidak ada artinya membaurkan, men-smudge atau
menajamkan lapisan vexel-mu. Ada penampakan vector yang jelas pada mereka,
dengan kata lain kamu bisa melihat hampir semua dan setiap lapisan. Kalau kamu
mau membaurkan, men-smudge atau menajamkan, itu termasuk digital painting.
§ Burn & Dodge: Juga, tidak ada artinya
menggunakan tool ini ketika menciptakan vexel. Mereka dipakai untuk menerangkan
atau menggelapkan sebagian dari gambar. Kalau kamu mau melakukannya, ganti saja
warna dari lapisan yang kamu kerjakan. Tools ini lebih pantas digunakan saat
mengedit foto atau digital painting.
§ Gambar berefek poster: Kita sudah menyebutkan ini
berkali-kali tapi orang juga berkali-kali memajang ini. Kita bisa menjamin
bahwa kita dan seniman vexel handal lain bisa melihat yang kamu pajang itu
sebenarnya vexel atau bukan. Jadi tolong, jangan repot-repot mencoba.
§ Efek-efek filter lain yang
menyerupai penampakan vexel/vector: Sekali lagi, jangan coba-coba. Jangan memajang
sebuah "vexel" dan mengatakan di deskripsinya bahwa itu hanya perlu
waktu 10 menit untuk membuatnya. kalau memang hanya perlu waktu 10 menit saja,
maka maaf sayangku, itu BUKAN vexel.
TAMBAHAN FOTO DAN ELEMEN YANG BUKAN VEXEL (TOLONG DIBACA DENGAN TELITI)
Bagi kita ini adalah hal yang
agak meragukan dan tentunya akan mengundang banyak pertentangan. Kalau kamu
sudah mem-vexel sesuatu: orang, hewan, atau sebuah benda, dan kamu ingin
menambahkan foto untuk latar belakang atau beberapa bagian, TOLONG... pastikan bahwa foto
itu tidak akan mengambil pusat perhatian dari pada vexelnya. Sekarang kita mengerti bahwa
ini agak subjektif, apa yang kita pikir akan lebih tepat berada di kategori
Mixed Gallery, yang lain mungkin lebih sesuai di Vexel Gallery, dan sebaliknya.
Jadi kita akan menetapkan
aturan, Jika lebih dari sepertiga (33%) dari posting yang sudah selesai
terdiri dari foto, karya tersebut merupakan bagian dari Mixed Media. Hal yang
sama berlaku untuk kombinasi vexel dengan medium lain seperti fractal, digital
painting, dan lainnya. Jelas bahwa latar belakangnya tidak mengganggu vexelnya, malah
lebih mendukung suasanan keseluruhannya.
Bagaimanapun juga, kita ingin
mendorong anda-anda semua untuk tidak menggunakan foto atau yang lainnya yang
tidak berhubungan dengan vexel dalam vexel. Dengan begitu kita akan selalu
berada di tempat aman.
Itu juga berati kita tidak boleh memajang vexel
yang setengah selesai, seperti beberapa layer dari muka dan mata atau rambut masih
merupakan foto dari bagian bawahnya atau itu adalah layer vexel yang
direndahkan opacity-nya di atas sebuah foto. Proses pengerjaan harus dipajang
di scraps, terima kasih.
KENAPA BUKA VECTOR SAJA?
Yah, setiap seniman vexel punya
alasan yang berbeda-beda tentang itu. Beberapa dari kita tidak membuatnya untuk
dicetak, jadi pengubahan ukuran bukan masalah. Pastinya, saat menciptakan
sebuah pekerjaan seni secara profesional, klien akan lebih memilih vector dari
pada vexel.
Alasan lain adalah karena
beberapa dari kita tidak nyaman bekerja dalam Illustrator atau program vector
yang lain. Photoshop lebih umum digunakan, bukan hanya untuk menciptakan vexel,
tapi untuk mengedit foto, menggambar, dan lain-lain. Sulit untuk melangkah
keluar dari zona nyamanmu dan mencoba sesuatu yang baru ketika kau sudah puas
dengan apa yang kau punya. Tapi seperti yang sudah dikatakan, vector juga bisa
dibuat di Photoshop.
Yang ketiga dan mungkin yang
paling penting, kamu punya beberapa kebebasan ketika membuat vexel yang tidak
ada pada vector. Vexel seperti yang sudah dipelajari, adalah kombinasi
elemen-elemen, kita bisa bekerja dengan bentuk vector juga memasukkan sapuan
kuas atau tekstur.
SOFTWARE DAN APLIKASI PENUNJANG KERJA
SOFTWARE PENGOLAH VECTOR BERLISENSI:
Adobe Illustrator:
§ Adalah program yang mampu
menangani beragam desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks,
serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format
sesuai dengan kebutuhan, dan bersifat user friendly.
§ Harga: $199,00
§ Vendor: Adobe.inc
Corel-DRaw:
§
Adalah program berbasis vector, biasanya digunakan untuk pembuatan
logo, symbol, dll
§
Harga: $499,0
§
Vendor: Corel Corporation
OPEN SOURCE:
Inkscape:
§
Adalah software editor vector yang bebas di bawah lisensi dan
bersifat cross-platform serta multi bahasa.
SOFTWARE PENGOLAH BITMAP BERLISENSI:
Adobe Photoshop:
§ Adalah software yang
dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Nah dikarenakan
saya adalah salah satu pemakai software ini dalam keseharian kerja, maka disini
saya berikan update terbarunya dan juga versi portablenya juga (semoga
bermanfaat).
§
Harga: $199,00
§
Vendor: Adobe.inc
§
Versi portable (CS6):
OPEN SOURCE:
Grimp:
§ Adalah aplikasi alternative
dari photoshop, program perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis
raster.
Pixlr:
§ Adalah aplikasi berbasis raster
dan sama baiknya dengan software photoshop, berguna untuk mempercantik foto.
Pixlr juga dapat membuat gambar tak biasa.
KELEBIHAN MASING-MASING APLIKASI
Adobe Photoshop:
§ Dapat membuat tulisan dengan
efek tertentu, membuat tekstur dan material yang beragam, dapat memproses
materi dari web.
Adobe Illustrator:
§ Fitur lengkap, bersahabat
dengan software Adobe lainnya, dapat membuka file yang berukuran besar (memakan
banyak memory RAM), efek photoshop, kualitas warna tetap baik, warna tampilan
interface & terbilang sangat nyaman.
Corel-DRaw:
§ Gambar tidak pecah jika
diperbesar, bisa ditekan dengan tingkat terendah namun dengan hasil yang tidak
kalah dengan gambar berbasis bitmap, penggunaan toolnya sangat mudah dipahami,
sangat baik dalam mengkolaborasikan tulisan dengan gambar.
Inkscape:
§ Free, ukurannya kecil, source
kodennya dibuka dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan, gradasi yang soft,
filenya yang berekstensi (swg), bisa di preview melalui window manager dan
tidak pecah.
GIMP:
§ Bisa digunakan di komputer
dengan spesifikasi rendah hingga minimum, bisa membuat gambar animasi,
mendukung berbagai macam format file, bisa mengganti tampilan awal, mudah
menampilkan berbagai format foto, software minimum memory.
Pixlr:
§ Tampilan & layout yang
mirip photoshop, gambar yang telah anda hasilkan bisa langsung disimpan di
komputer, atau langsung di upload ke facebook, flickr, picasa, dll.
